Dampak Positive Globalisasi

Gambar

Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara.

Globalisasi yang berasal dari kata global merupakan suatu bentuk perubahan yang secara menyeluruh atau universal dan dalam globalisasi akan mengakibatkan dampak positif dan dampak negatif dikarenakan terjadinya perubahan atau perkembangan terhadap pembaharuan dalam bentuk global.

Sebelum membahas dampak globalisasi secara keseluruhan, disini saya akan memaparkan dampak positive globalisasi menurut pengalaman yang saya rasakan. Globalisasi adalah hasil dari perkembangan teknologi, begitupun sebaliknya. Jadi globalisasi erat kaitannya dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. Jika membicarakan teknologi, terutama teknologi komunikasi, kita pasti sudah bisa merasakan dampak yang luar biasa. Dengan teknologi yang semakin hari semakin canggih, kita dapat semakin mudah dalam melakukan interaksi. Begitu pula yang saya rasakan dari dampak globalisasi ini, saya bisa dengan mudah berkomunikasi dengan teman-teman saya. Tentu saja dengan media yang bermacam-macam. Sudah banyak sekali media untuk berkomunikasi saat ini, tidak lagi berpatokan pada satu alat saja, misalnya telepon genggam atau handphone. Pada saat ini berkomunikasi tidak hanya dengan telepon atau SMS saja, dengan adanya smartphone, akses untuk berkomunikasi ini semakin beragam. Begitu pun dengan saya yang sebelumnya tidak menggunakan smartphone, merasa bahwa mengikuti perkembangan teknologi yang ada memang perlu. Agar kita tidak tertinggal informasi tentunya. Setelah saya menggunakan smartphone tersebut, banyak sekali perubahan yang saya rasakan, terutama dalam bertukar informasi. Dengan mudah saya mendapatkan berbagai informasi, apalagi informasi mengenai perkuliahan. Jika sebelumnya saya merasa “telat” mengetahui informasi, tetapi sekarang informasi tersebut bisa saya dapatkan dengan mudah dan cepat.

Selain bisa mendapatkan informasi lebih cepat, dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi saya juga bisa berkomunikasi dengan teman lama melalui media sosial. Dengan facebook salah satu contohnya, menurut saya facebook juga memiliki peran yang sangat penting pada saat ini. Teman lama yang sudah lost contact bisa menjalin komunikasi kembali. Semua media sosial pada umumnya memiliki fungsi yang sama yaitu mempermudah komunikasi sesama manusia tanpa menghiraukan ruang dan waktu. Selain facebook, contoh lainnya misalnya twitter.

Seiring berjalannya waktu, media sosial pada saat ini beralih fungsi menjadi media promosi. Mengapa demikian? Bisa kita lihat pada saat ini banyak sekali orang-orang yang mempromosikan bisnis nya melalui media sosial, jadi media sosial tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja. Bagi mereka yang melihat peluang tersebut, mungkin beranggapan bahwa dengan cara tersebut bisnis atau usahanya akan menghasilkan untung yang lebih besar. Jika kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada, tentu kita akan mendapatkan dampak positive didalamnya.

Leave a comment